Rabu, 16 April 2008

Bibit Waluyo Optimis Menang Pilgub Jateng

Purwokerto--RoL-- Meski pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kalah dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, Bibit Waluyo optimis bisa menang dalam Pilgub Jawa Tengah 22 Juni mendatang. "Saya optimis bisa menang karena di Jateng lebih banyak kaum nasionalis dan 'abangan' dibanding Jabar yang lebih banyak agamis," kata dia yang dicalonkan sebagai Gubernur Jateng oleh PDIP, di Purwokerto, Selasa.

Menurut dia, struktur dan kultur masyarakat Jabar lebih kuat kepada agama Islam sehingga masyarakatnya lebih cenderung memilih partai yang berbasis Islam maupun sosok yang dianggap dekat dengan Islam.

Ia mengatakan, hal itu memperkuat posisi pasangan Achmad Heryawan dan Dede Yusuf untuk memenangkan Pilgub Jabar.

Sementara di Jateng, kata dia, lebih banyak kaum nasionalisnya dibanding agama sehingga PDIP berharap bisa menang dalam pilgub mendatang. "Namun hal itu bukan berarti kaum nasionalis dan 'abangan' tidak beragama. Mereka tetap beragama tetapi tidak sekuat di Jabar," katanya.

Selain itu, kata dia, jika suara dari PDIP tetap 31 persen seperti perolehan dalam Pemilu 2004 lalu ditambah dukungan dari relawan yang terdiri tokoh-tokoh lintas partai dan suara dari purnawirawan, kemenangan pasti bakal diperoleh.

Dia mengharapkan masyarakat untuk memilih dengan hati yang bersih karena dalam pilgub yang dipilih bukan figur ketua partai melainkan sosok pemimpin yang jujur dan bersih. "Apapun partainya, pasti akan memilih figur pemimpin yang dianggap jujur dan bersih," katanya.Antara/yto

Tidak ada komentar: